Minggu, 29 Juli 2018

"Keterbatasan memang bisa diatasi namun perlu diketahui bahwa apa yang ada pada diri adalah titipan Sang Ilahi. Maka syukuri..."

Ingin memiliki wajah yang menarik, cantik atau tampan adalah impian semua orang. Berbagai usaha dilakukan demi mewujudkannya, dari memakai kosmetik, obat-obatan sampai yang paling ekstreem operasi plastik. Memang keterbatasaan mendorong orang melakukan apapun, namun bijaklah jikapun ingin menyempurnakan yang kurang, pahami garis-garis larangan yang tidak boleh di langgar demi mensyukuri nikmat Allah swt. 

Sering kita dengar sebagai remaja masa kini yang mengkhawatirkan penampilan. Tanpa sengaja dan tanpa tau akibatnya sering mengucapkan "Ah kulitku hitam kusam" atau sambil bercermin menyeletuk "Ah aku jelek hidungku pesek". Bukankah kita tahu bahwa Allah swt. mengutus malaikat- malaikatnya ke bumi untuk menjalankan tugasnya? lantas bagaimana jika apa yang kita ucapkan terdengar oleh malaikat dan akhirnya dicatat sebagai doa?. Mungkin hal itu tak pernah terlintas difikiran kita.

Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib ra, bawasannya saat Nabi Muhammad saw sedang bercermin beliau berdoa:

 اَلْحَمْدُ ِللهِ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِىْ  فَحَسِّـنْ خُلُقِىْ
Artinya : "Segala puji bagi Allah, baguskanlah akhlakku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku"
             
اَللَّهُـمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ
Artinya : "Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku" (HR. Ibnu Sunni)

Ketika membaca doa ini bukan berarti warna kulit, dan wajah akan berubah menjadi cantik ataupun tampan seketika. Tapi dengan doa ini Insyaallah, Allah. akan memberikan akhlak yang baik. Merubah pandangan orang terhadap diri kita, menunjukkan hal-hal yang baik dan menutupi segala hal yang buruk. 

Janganlah ucapkan sesuatu yang buruk terhadap keluargamu, sudara-saudaramu dan pada dirimu sendiri. Membiasakan untuk tidak mengeluhkan kekurangan dan menggantinya dengan doa diatas adalah cara terbaik.  Wallahu A'alam Bishawab


This Is The Newest Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
This Is The Newest Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner