Sabtu, 11 Januari 2014

Sudah Benarkah Faz Shalat Anda..?

HR. Imam al-Bukhari :
Diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wassalam masuk ke dalam masjid, kemudian dating seorang laki-laki masuk ke dalam masjid dan shalat, kemudian orang itu datang dan memberi salam kepada Nabi shallallahu 'alaihi wassalam. Lalu Nabi shallallahu 'alaihi wassalam menjawab salamnya kemudian bersabda: "Ulangilah shalatmu, karena kamu belum shalat!" Orang itu kemudian mengulangi shalatnya dan kembali menghadap kepada Nabi shallallahu 'alaihi wassalam sambil memberi salam, Namun beliau kembali bersabda: "Ulangilah shalatmu, karena kamu belum shalat!" Beliau memerintahkan orang ini sampai tiga kali. Kemudian ia berkata: "Demi Zat yang telah mengutus tuan dengan kebenaran, aku tidak bisa melakukan yang lebih baik dari yang telah aku lakukan. Maka ajarilah aku." 


Beliau pun bersabda: "Jika kamu mengerjakan shalat, maka bertakbirlah, lalu bacalah beberapa ayat/surat yang mudah dari al-Qur'an. Kemudian rukuklah hingga benar-benar rukuk dengan tenang, lalu bangkitlah (dari rukuk) hingga kamu berdiri tegak, kemudian sujudlah sampai benar-benar sujud, lalu angkat (kepalamu) untuk duduk hingga benar-benar duduk, setelah itu sujudlah sampai benar-benar sujud, kernudian lakukanlah cara tersebut di seluruh shalat (rakaat)mu." 


Imam Muslim :

Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wassalam memasuki sebuah masjid, lalu seorang laki-laki masuk, lalu ia shalat, kemudian dia datang, lalu mengucapkan salam kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi Wassalam maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wassalam membalas salam nya seraya berkata: "Kembalilah, lalu shalatlah, karena kamu belum shalat.

Lalu laki-laki tersebut kembali, lalu shalat sebagaimana sebelumnya dia shalat. Kemudian ia kembali mendatangi Nabi shallallahu 'alaihi wassalam seraya mengucapkan salam kepada beliau. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wassalam menjawab: "Semoga keselamatan terlimpahkan Kepadamu." Kemudian beliau bersabda lagi: "Kembalilah dan shalatlah lagi, karena kamu belum shalat." Hingga dia melakukan hal tersebut sebanyak tiga kali. Lalu laki-laki tersebut berkata: "Demi Zat yang mengutusmu dengan kebenaran, aku tidak dapat melakukan yang lebih baik selain daripada ini, ajarkanlah kepadaku," 

Beliau bersabda: "Apabila kamu mendirikan shalat, maka bertakbirlah, kemudian bacalah sesuatu yang mudah dari al-Qur'an, kemudian rukuklah hingga ber-tuma'ninah dalam keadaan rukuk. Kemudian angkatlah (kepalamu dari rukuk) hingga lurus berdiri (iktidal), kemudian sujudlah hingga bertumakninah dalam keadaan sujud, kemudian angkatlah hingga bertuma'ninah dalam duduk, kemudian lakukan hal tersebut dalam shalatmu semuanya. "
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner