Selasa, 07 Januari 2014

Mencukur Bulu Alis? Apa Hukumnya?



Wanita selalu memiliki faz untuk mempercantik dirinya, salah satunya adalah dengan berdandan atau berhias. Tak jarang yang merelakan menyakiti dirinya demi mendapatkan hasil yang diingikan, misalkan tato. Banyak pula yang berusaha untuk merubah bentuk wajah sesuai dengan apa yang diharapkan, misalkan dengan faz operasi plastik untuk memancungkan hidung, mengecilkan pipi ataupun yang lainnya.


 Saat ini sedang trend pula mencukur alis karena menganggap alisnya kurang sempurna. Lalu bagaimanakah hukum mencukur alis menurut pandangan islam? Mari simak selengkapnya
Menghilangkan bulu alis, jika dilakukan dengan faz dicabut maka termasuk kategori mencabut alis yang dilaknat sebagaimana yang ditunjukkan hadits,

Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam melaknat wanita yang mencabut alis dan wanita yang meminta agar alisnya dicabut. (HR. Abu Dawud No. 2639 serta hadits pendukung yang diriwayatkan oleh Bukhari No. 5491, Muslim No. 3960)


Perbuatan ini termasuk dosa besar, khususnya bagi wanita, karena wanitalah yang sebagian besar melakukan perbuatan tersebut untuk mempercantik diri, namun demikian, jika laki-laki juga melakukan perbuatan ini, maka iapun akan dilaknat sebagaimana wanita [kita berlindung kepada Allah] meskipun caranya bukan dengan faz dicabut melainkan dengan gunting atau pisau cukur, karena sebagian ulama berpendapat bahwa hal itu sama dengan dicabut, karena perbuatan itu termasuk merubah ciptaan Allah. 

Maka tidak ada bedanya antara melakukannya dengan faz dicabut maupun dengan faz digunting atau dicukur, dan ini tidak diragukan lagi lebih merupakan tindakan yang hati-hati. Oleh karena itu, hendaklah setiap orang, laki-laki maupun wanita berusaha menjauhi perbuatan tersebut.

 Diriwayatkan dalam Kitab Ash-Shahih (Al-Bukhari dan Muslim) dari Ibnu Mas'ud Radhiyallahu 'Anhu bahwa ia berkata: "Semoga Allah melaknat wanita-wanita yang mentatto dirinya atau meminta ditattokan, yang mencukur bulu alisnya atau meminta dicukurkan, yang mengikir giginya supaya kelihatan indah dan mengubah ciptaan Allah." Kemudian beliau berkata: "Mengapa aku tidak melaknat orang-orang yang telah dilaknat oleh Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dalam Kitabullah, yakni firman Allah:

"Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia.Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah." (QS. 59:7)

Cantik memang dambaan bagi setiap wanita, tapi selama masih banyak faz yang baik tanpa merusak ciptaanNya, maka lakukanlah dengan hal yang baik. Demikianlah hukum mencukur bulu alis, semoga bermanfaat.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner