Minggu, 12 Januari 2014

Manfaat Dan Hikmah Shalat

Manfaat Shalat 
HR. Imam al-Bukhari :
Diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu valaihi wassalam telah bersabda: "Para malaikat 'malam dan malaikat siang silih berganti mendatangi kalian. Mereka berkumpul ketika shalat Subuh dan Asar Kemudian malaikat yang rnenjaga kalian naik ke atas dan Allah ta'ala bertanya kepada mereka, Dia-lah Zat yang lebih mengetahui keadaan mereka (para hamba-Nya): Dalam keadaan bagaimana kalian tinggalkan hamba-hamba-Ku?' Para malaikat menjawab 'Kami tinggalkan mereka dalam keadaan sedang shalat. Begitu juga ketika kami mendatangi mereka, mereka sedang malaksanakan shalat."'

HR. Imam Muslim : 
Diriwayatkan dari al-Araj dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wassalam telah bersabda: "Di antara kalian terdapat malaikat yang bergantian di waktu malam dan siang, mereka berkumpul ketika shalat Fajar (Subuh) dan shalat Asar, lantas malaikat yang bermalam naik, dan Tuhan mereka menanyainya sekalipun Dia-lah yang paling tahu terhadap mereka. Bagaimana kalian tinggalkan hamba-hamba-Ku?' Jawab mereka (para malaikat): 'Kami tinggalkan mereka dalam keadaan shalat, dan kami datangi mereka juga dalam keadaan shalat."

Beberapa hikmah shalat: 
  1. Menyadarkan manusia tentang hakikat dirinya, bahwa dirinya adalah seorang hamba yang memiliki tuan, yakni Allah swt. selanjutnya, dia akan selalu mengingat hakikat tersebut, Setiap kali dia melupakan hakikatnya, dikarenakan oleh kesibukan-kesibukan duniawi, maka datanglah shalat guna mengingatkannya bahwa dia adalah hamba yang dikuasai Allah swt. 
  2. Menyadarkan kepada manusia, bahwa tiada yang memberi kenikmatan serta pertolongan yang hakiki selain Allah swt. walaupun di dunia dia melihat perantara-perantara dan sebab-sebab yang banyak, yang secara lahir merekalah yang memberi pertolongan akan tetapi hakikatnya Allah-lah yang menundukkan mereka seluruhnya bagi manusia. Jadi setiap manusia lalai dan memberikan dirinya hanyut terbawa urusan duniawi, maka datanglah shalat mengingatkan bahwa penyebab yang Hakiki adalah Allah swt. 
  3. Manusia akan memperoleh kesempatan bertobat, yang mana ia menyatakan tobatnya atas dosa-dosa yang telah dilaklkan. Karena setiap saat, siang dan malam, manusia sangat berkesempatan melakukan perbuatan dosa yang disadari atau tidak. Dengan begitu, shalat yang dilakukan berkali-kali akan menjadi pembersih baginya dari dosa-dosa tersebut. 

Shalat, Puasa, dan Sedekah dapat Menebus Kesalahan 

HR. Imam al-Bukhari : 
Diriwayatkan dari Hudzaifah berkata, telah bersabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wassalam: "Fitnah seseorang dalam keluarga, harta, anak, dan tetangganya dapat terhapus oleh amalan shalat, puasa, sedekah, melaksanakan kebajikan, dan menolak kemungkaran." 
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner